Ciptakan Kemenangan Anda

Sukses memang tidak akan dapat diraih tanpa perjuangan dan kerja keras. Semua orang pasti menyepakati pendapat itu. Atau seperti yang dikatakan seorang mentor saya dalam sebuah seminar, "Tidak ada sukses yang diraih dalam semalam." Sekarang, semua orang bekerja keras dan berjuang mati-matian untuk mewujudkan cita-cita mereka. Pertanyaannya: kenapa hanya sebagian kecil yang bisa mewujudkan impian mereka?

Ternyata kalau kita renungkan, mungkin mereka melakukan hal yang sama: bekerja dengan sama kerasnya. Tapi yang ada di kepala (pikiran) mereka berbeda. Yang satu beranggapan bahwa sukses itu sulit dicapai, tapi satunya lagi berpikir bahwa tidak ada yang sulit kalau kita bisa memikirkannya, bisa membayangkan/memvisualisasikannya dan bertindak sejalan dengan impian sukses yang diidam-idamkan tersebut.

Jadi, pertama kali kita harus menciptakan kemenangan/kesuksesan di pikiran kita. Merdekakan pikiran kita dari segala belenggu (mental block) dan ciptakan kemenangan di pikiran kita terlebih dahulu. Munculkan keyakinan bahwa kita akan berhasil walaupun selusin kegagalan harus kita lalui. Kalau kita sudah melakukannya, pikiran akan menuntun tindakan fisik maupun perilaku mental untuk mewujudkan keberhasilan dan kemenangan yang ingin Anda raih. Yang harus kita lakukan saat ini hanyalah melangkah/bergerak/bertindak untuk menyesuaikan diri dengan hukum alam (sunnatullah) yang berlaku karena tidak mungkin ada akibat kalau tidak ada sebabnya. Kita harus menabur benih (ikhtiar) sebelum berharap menuai hasilnya.

Kita harus menyadari bahwa di tengah segala kekurangan dan keterbatasan, kita dapat menciptakan kemenangan/kesuksesan di bidang apa pun sesuai dengan impian kita. Kuncinya ada di pikiran kita. Jika pikiran Anda berkata bahwa "Anda pasti bisa!" maka itulah yang akan menjadi kenyataan dalam kehidupan nyata dengan syarat Anda mempersembahkan 100% usaha lahir dan batin untuk mewujudkannya. Usaha dan doa kita akan berjalan sesuai dengan kata pikiran kita, pikiran yang dominan-yang terekam dalam alam bawah sadar-yang akan menjadi semacam autopilot yang membimbing kita menuju apa pun yang menjadi tujuan hidup kita.

Separah apa pun cobaan hidup yang telah mendera kehidupan kita, selagi masih ada nafas yang berhembus, kita masih diberi kesempatan untuk meraih sukses. Sebuah kemenangan besar tercipta dari kemenangan-kemenangan kecil. Ciptakan kemenangan-kemenangan itu dan rayakan agar alam bawah sadar kita merespon bahwa sebenarnya kita adalah seorang pemenang. Kita bisa menghasilkan karya nyata yang luar biasa dan merangkai kesuksesan-kesuksesan kecil menjadi kesuksesan yang lebih besar.

Saya yakin setiap orang memiliki sumber daya cukup dan potensi diri yang belum semuanya tergali sehingga kita pasti bisa lebih cepat mencapai tujuan. Untuk itu, jika sekarang Anda sedang bersedih meratapi sebuah kegagalan yang menimpa; tunggu apa lagi, bangkitlah! Mungkin kegagalan itu menyakitkan, tapi lebih sakit lagi jika Anda hanya bersedih dan meratapi nasib. Bangkitlah, sekarang saatnya untuk mulai lagi dengan semangat dan upaya yang lebih dahsyat. Ciptakanlah kemenangan/keberhasilan Anda sekarang juga dimulai dari hal yang kecil yang bisa kita jangkau! Berani bermimpi, berani pula untuk mewujudkan mimpi itu dalam kehidupan nyata!

Suatu hari nanti kita pasti merasakan kebahagiaan dan kepuasan atas apa yang sedang kita perjuangkan hari ini. Hati kitalah yang nantinya akan bicara sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Helen Keller yang tidak bisa melihat dan mendengar, "Hal terbaik dan terindah yang tidak dilihat atau disentuh oleh dunia adalah hal yang dirasakan di dalam hati."

Kepuasan batin akan kita rasakan ketika sebuah keberhasilan kita raih. Mungkin hal itu terjadi ketika kita lulus seleksi penerimaan karyawan di sebuah perusahaan yang bonafid, atau ketika bisnis kita mulai berkembang, atau saat si dia yang menjadi pujaan hati membalas perasaan kita. Atau hal lain yang sederhana namun luar biasa bagi diri kita pribadi.

Agus Riyanto


0 komentar to "Ciptakan Kemenangan Anda"